Jumat, 20 Juli 2018

Berat Badanku Lebih Dari 55 kg Apakah Aku Tidak Sholeha ?

Ramai di sosmed membicarakan bahwa wanita sholeha berat badannya tidak lebih dari 55 kg. Ketawa ajaa sih...
Acuan yang digunakan adalah berat badan Aisyah, ra (salah satu isteri Rasulullah). Berarti isteri Rasulullah bukan hanya Aisyah kan ya ?

Ada suatu riwayat kisah saat Rasulullah menikahi Saudah binti Zam'ah.
Sudah gilakah Muhammad, tuduh sebagian orang Makkah ketika Rasulullah saw menikahi Saudah binti Zam’ah. Pernikahan itu membuat gempar masyarakat Makkah. Bayangkan, meski seorang janda, Saudah bukanlah janda kembang yang menarik. Sebagai janda tua, sama sekali ia tidak menyisakan kecantikan di masa mudanya. Punya anak lagi.

Badannya gemuk, hingga tampak berat jika berjalan. Walau begitu, dia berjiwa periang. Bahkan sering ucapannya menimbulkan gelak tawa orang yang mendengarnya. Tanpa ragu-ragu, Saudah meyakini bahwa apa yang diterima dari Rasulullah suaminya adalah belas kasihan, bukan kemesraan sebagaimana yang diperoleh istri kepada suaminya itu. “Aku telah puas, Rasulullah mengangkat diriku sebagai istri dengan kedudukan semulia ini,” kata Saudah jujur.

Oleh sebab itu, ia menerima apa adanya tentang dirinya sebagai istri Rasulullah. Bahkan giliran untuk dirinya sebagai istri, dengan ikhlas diserahkan untuk ‘Aisyah madunya. Ia sudah merasa puas bisa tinggal di tengah keluarga Nabi, mengurus rumah tangganya, melayani serta membantu putra-putrinya. Ummi mu’miniin ini berusia panjang, dan baru wafat di zaman pemerintahan Khalifah Umar bin Khattab. Adakah yang berani meragukan keshalihan Saudah ? 😊

Allah SWT berfirman : "Wanita (istri) shalihah adalah yang taat lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada dikarenakan Allah telah memelihara mereka." (An-Nisa: 34)



Dan beberapa hadist tentang isteri sholeha :

(1) "Apabila seorang wanita shalat lima waktu, puasa sebulan (Ramadhan), menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya, maka dikatakan kepadanya: Masuklah engkau ke dalam surga dari pintu mana saja yang engkau sukai." (HR. Ahmad 1/191)

(2) "Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: "Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha." (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257.)

(3) "Maukah aku beritakan kepadamu tentang sebaik-baik perbendaharaan seorang lelaki, yaitu istri shalihah yang bila dipandang akan menyenangkannya, bila diperintah akan mentaatinya dan bila ia pergi si istri ini akan menjaga dirinya". (HR. Abu Dawud no. 1417.)
Dipandang menyenangkan ini soal selera. Maka ada yang mengatakan cantik / tampan itu relatif. Ada lho laki-laki yang suka sama perempuan gemuk, katanya lebih empuk hahaha... terlepas dari benar atau salah, soal fisik itu soal selera. Nggak bisa dong memaksakan orang lain seleranya harus sama dengan kita.


Dari ayat Al-Quran dan hadist diatas, sama sekali tidak ada yang tersirat bicara soal berat badan. Mohon maaf tulisan ini bukan untuk mengkritisi dakwah seorang ustadz yang mengatakan wanita sholeha berat badannya tidak lebih dari 55 kg. Tulisan ini adalah murni pendapat saya berdasarkan kisah isteri rasulullah, firman Allah dalam Al-Quran dan hadist shohih.

Saya sih husnudzon saja dengan dakwah tersebut, semoga dakwah tersebut bisa bermanfaat membuat banyak wanita mulai berolah raga. Tapi sebagai seorang wanita, saya sangat paham dengan apa yang dirasakan kaum saya. Tanpa di dakwahi seperti itu, sudah banyak wanita dengan segala macam cara ingin bertubuh kurus. Bahkan ada yang menjalani diet ketat hingga sakit masuk ICU.

Saya jadi ingat dulu saat masih jadi pramugari, saya justru pernah dikomplain oleh chief saya dan terancam grounded (tidak boleh terbang) karena terlalu kurus. Tinggi badan saya 161 cm, berat badan saya 45 kg. Harusnya ini katagori sholeha banget yaaa 😄 tapi dalam dunia pramugari ada yang disebut dengan berat badan proporsional :

Wanita : Tinggi badan - 110 = BB ideal
Pria : Tinggi badan - 105 = BB ideal.

Kalo yang tinggi badannya seperti saya (161 cm) memang idealnya berat badannya 51 - 55 kg. Lha kalo yang tinggi badannya 170 cm trus berat badan maksimal harus 55 kg, artinya cungkring banget dooonnggg.... eh tapi kan ini dunia pramugari yaa... bukan dunianya wanita sholeha hehehe. Just Kidding

Apa mungkin memang sudah masanya, kita hidup pada jaman dimana timbangan berat badan lebih merisaukan dibandingkan timbangan amal. Astaghfirullah.....


Allahualam bishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HANYA BUTUH TAAT DAN ISTIQOMAH

(Nama & tempat dirahasiakan, agar tidak menjadi riya) Dulu saat saya jadi wanita karier, seolah tidak masalah sedikit-sedikit nabra...

Postingan Populer